Senin, 16 Juli 2012

LAMBANG GERAKAN PRAMUKA




Lambang gerakan pramuka adalah tunas kelapa / nyiur kelapa atau kitri. Lambang gerakan pramuka di ciptakan oleh bpk. Soenarjo Atmo Dipuro pada tanggal 14 Agustus 1961.
            Arti kiasan lambang gerakan PRAMUKA
1.     Buah nyiur dalam keadaan tumbuh di namakan cikal bakal Indonesia artinya bahwa tiap anggota pramuka merupakan calon kelangsungan hidup bangsa Indonesia.
2.     Buah nyiur dapat bertahan lama dalam keadaan apapun artinya seorang pramuka baik jasmani dan rohaninya harus sehat dan kuat serta mampu menghadapi segala tantangan dalam hidup.
3.     Nyiur dapat tumbuh di mana saja. Artinya seorang pramuka harus dapat menyesuaikan diri serta dapat hidup dengan orang lain dimana pun ia berada.
4.     Nyiur tumbuh menjulang lurus ke atas serta salah satu pohon tertinggi yang artinya seorang pramuka harus mempunyai cita-cita yang tinggi dan lurus serta tidak tergoyahkan pendiriannya.
5.     Akar nyiur tumbuh kuat di dalam tanah artinya seorang pramuka harus memiliki tekad dan keyakinan memperkuat diri untuk mencapai cita-cita.
6.     Nyiur adalah pohon yang serbaguna dari ujung atas hingga akarnya artinya seorang pramuka harus berguna dan membaktikan dirinya kepada tanah air bangsa Indonesia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar